Kiai Maruf: Kita Ingin Penanganan Radikalisme Jadi Arus Utama Program Nasional

| Jum'at, 15/11/2019 20:35 WIB
Kiai Maruf: Kita Ingin Penanganan Radikalisme Jadi Arus Utama Program Nasional KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin ingin penanganan radikalisme menjadi arus utama program nasional. Penanganan ini perlu dilakukan secara komprehensif yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

"Ya kita ingin penanganan radikalisme itu jadi arus utama program nasional kita. Penanganannya dilakukan secara komprehensif dari hulu sampai ke hilir," kata Kiai Ma`ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Pastikan Pemerintah Komitmen Dorong Industri Keuangan Syariah

Diterangkannya, penyelesaian persoalan tersebut seperti sumber-sumber penyebab seseorang menjadi radikal. Kemudian, pengaruh orang yang pulang ke Indonesia dari luar negeri dan sebagainya.

Kiai Ma`ruf juga mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam menangani radikalisme. "Melibatkan semua stakeholder baik pemerintah maupun juga komponen masyarakat, ormas Islam juga. Jadi semua kita libatkan maka itu perlu adanya penanganan yang tersinergi diantara kelompok ini," jelasnya.

Baca Juga: Wapres Kiai Ma`ruf Paparkan Empat Bingkai Untuk Perkuat Kerukunan Nasional

Mustasyar PBNU itu juga meminta unit terkecil kelembagaan masyarakat seperti RT/RW berperan aktif untuk menjaga lingkungannya. Mereka juga dihimbau untuk memonitor kondisi lingkungannya.

"Bukan hanya mengurus surat (saja), tapi juga mengetahui masyarakat yang ada di sekitarnya itu seperti apa. Apakah ada yang terpapar atau yang tidak, sehingga dari semua pihak ini, itu dan kita ingin libatkan secara keseluruhan terorganisir, tersinergi, komprehensif," pungkasnya. 

Tags : Kiai Maruf , Program Nasional , Radikalisme