Tok! Airlangga Hartanto Resmi Terpilih Lagi jadi Ketua Umum Golkar

| Kamis, 05/12/2019 07:51 WIB
Tok! Airlangga Hartanto Resmi Terpilih Lagi jadi Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto secara aklamasi terpilih kembali menjadi Ketua Umum Partai Golkar (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Airlangga Hartarto sah ditetapkan menjadi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 setelah menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Nasional X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Penetapan Airlangga menjadi ketua umum Golkar lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Hal itu dikarenakan hanya ada satu calon sehingga peserta munas sepakat memajukan agenda kegiatan yakni Rapat Paripurna VI dengan agenda pemilihan ketum.

Sebelum penetapan Airlangga, Ketua Sidang Munas X Partai Golkar Azis Syamsudin terlebih dahulu meminta persetujuan peserta sidang untuk memajukan penetapan Airlangga lantaran hanya dia yang mencalonkan diri.

"Di dalam tatib yang telah disahkan dalam Rapat Paripurna I, dalam jadwal bahwa kita harusnya masuk dalam Rapat Paripurna V berkenaan dengan agenda komisi. Saya mohon persetujuan untuk memajukan Rapat Paripurna VI dalam hal ini untuk penetapan, setuju?" tanya.

Peserta sidang yang hadir pun menyetujui usulan tersebut. Azis kemudian menawarkan kepada peserta sidang untuk langsung mengesahkan calon tunggal ketua umum yakni Airlangga Hartarto lantaran tidak ada calon lain.

"Kami sampaikan rapat dan keputusan di dalam forum ini dalam rangka membacakan calon dari 558 pemilik suara hanya ada satu calon, apakah ada calon lain dalam forum? Tidak," tuturnya.

Peserta yang mendengarkan itu pun langsung kompak menyetujui usulan tersebut dan mengukuhkan Airlangga sebagai ketua umum terpilih. "Setuju," ujar peserta munas.

Anggota pimpinan sidang, Sarmuji, kemudian membacakan dan menetapkan Airlangga Hartarto menjabat posisi ketua umum Partai Golkar periode 2019–2024.

Tags : Golkar , Airlangga Hartanto , Munas X

Berita Terkait