Indonesia-Selandia Baru Tingkatkan Hubungan Kawasan Pasifik

| Jum'at, 06/12/2019 07:29 WIB
Indonesia-Selandia Baru Tingkatkan Hubungan Kawasan Pasifik Menlu Retno Marsudi bertemu Menteri Urusan Pasifik Selandia Baru, Aupito William Sio (foto kemlugoid)

BALI, RADARBANGSA.COM - Menlu RI Retno Marsudi telah bertemu dengan Menteri Urusan Pasifik Selandia Baru, The Hon Aupito William Sio, di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) pada 5 Desember 2019 di Bali.

Pada pertemuan kali ini, kedua menteri bertukar pandang mengenai upaya konkrit peningkatan kerja sama bilateral dalam kerangka Kemitraan Komprehensif kedua negara.

Antara lain, di sektor pendidikan untuk mendukung prioritas Pemerintah Indonesia lima tahun kedepan di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Menlu RI juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama Indonesia-Selandia Baru di Pasifik untuk turut berkontribusi pada perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan kawasan, serta menghadapi tantangan bersama perubahan iklim dan penanggulangan bencana.

Selandia Baru mengapresiasi didirikannya Indonesia Aid (Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Indonesia). Kedua negara setuju untuk bekerja sama dalam melaksanakan berbagai program kerja sama pembangunan di kawasan pasifik, sebagai salah satu kawasan yang penting dalam politik luar negeri Indonesia.

Kerja sama ini ditujukan  untuk semakin memperkuat dampak positif yang dihasilkan. Kedua Menteri juga sepakat untuk mendorong pemberdayaan wanita sebagai bagian penting dari pembangunan di masing-masing negara dan kawasan. 

Tags : Kemlu , Retno Marsudi , Selandia Baru , Pasifik

Berita Terkait