PKB Sulsel Gelar Maulid Nabi, Sajikan Aneka Bakul Maudu

| Jum'at, 06/12/2019 07:58 WIB
PKB Sulsel Gelar Maulid Nabi, Sajikan Aneka Bakul Maudu Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kantor DPW PKB Sulsel (dok PKB Sulsel)

MAKASSAR, RADARBANGSA.COM - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Kantor DPW PKB Sulsel, Kota Makassar, Kamis, 5 Desember 2019.

Peringatan Maulid lengkap dengan Bakul Maudu khas peringatan Maulid Nabi dalam tradisi hampir di seluruh pelosok Sulawesi Selatan ini berlangsung sederhana, bersahaja dan penuh keakraban.

Beberapa Bakul Maudu tampak berjejeran beraneka warna, bentuk lengkap dengan songkolo (makanan yang terbuat dari beras ketan)  dan hiasan telur serta Bunga Male hiasnya berbentuk perahu pinisi dll.

"Ini adalah salah satu bentuk pengaruh agama Islam dalam kebudayaan Bugis Makassar dalam memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW," kata Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

Selain Azhar Arsyad, acara ini juga dihadiri beberapa jajaran Anggota Legislatif fraksi PKB Sulawesi Selatan H. Hengky Yasin, Irwan Hamid Andi Muhammad, Anwar Purnomo, Fauzi Andi Wawo dan H. Muhammad Syarif dan Andi Tenriliweng.

Kegiatan yang dikemas sederhana untuk internal pengurus DPW PKB SulSel ini diawali dengan Ritual "Mabbaca Doa" dengan menyajikan makanan, kue tradisional dan buah-buahan. Setelahnya acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Kader Muda PKB Sulawesi Selatan, Ustas Jusman Hammade yang merupakan Alumni Pesantren Assadiyah Sengkang.

Sebagai partai yang didirikan oleh NU, menjaga Tradisi dan mempertahankan lokalitas untuk menjadi washilah, memperkuat Habdul minallah, Habdul Minal Nas dan Habdul Minal Alam adalah salah satu bentuk komitmen PKB dalam memperkuat Ukhuwah. (Ismail Mangngaga)

Tags : PKB , Sulawesi Selatan , Bakul Maudu , Maulid Nabi