Nihayatul Wafiroh Dorong Kemenkes Sediakan Pusat Kesehatan di Pesantren

| Selasa, 10/12/2019 21:44 WIB
Nihayatul Wafiroh Dorong Kemenkes Sediakan Pusat Kesehatan di Pesantren Anggota FPKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh (dok @ninikwafiroh)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kondisi kesehatan di lingkungan pondok pesantren pada umumnya masih memerlukan perhatian dari berbagai pihak terkait, baik dalam aspek akses pelayanan kesehatan bagi para santri.

Anggota DPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh kembali dorong Kementrian Kesehatan untuk berpihak pada kesehatan santri di pesantren. Dirinya ingin menekankan kembali aspirasi yang telah lama digaungkannya ini.

“Pesantren di Indonesia itu kan jumlahnya puluhan ribu belum lagi yang di pelosok, Saya meminta kepada Kementrian Kesehatan untuk menyediakan Pusat Kesehatan Pondok Pesantren (PUSKESPON) setidaknya satu di setiap pesantren," ujar perempuan yang akrab disapa Ninik ini.

Menurutnya hal ini sangat penting sekali mengingat pesantren itu nantinya akan mencetak ribuan anak bangsa, ada baiknya pemerintah turut mendukung dengan menyediakan pusat kesehatan di tiap pesantren.

“Saya ingin Kemenkes bisa memprioritaskan hal ini, karena ya Kemnaker saja sudah bangun seribu, dua ribu Balai Latihan Kerja (BLK), kenapa Kemenkes tidak ? pesantren juga sangat membutuhkan layanan kesehatan,” jelasnya saat ditemui Selasa, 10 Desember 2019.

Legislator yang juga Ketua DPP PKB Bisang Kesehatan, Perlindungan Anak dan Inklusi Disabilitas ini menyebut Pesantren yang sehat sangat penting bagi perkembangan dan kualitas kesehatan santi.

Hal itu berkaitan dengan usia para santri dan juga isu-isu kesehatan prioritas nasional seperti Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), eliminasi TBC, cegah stunting, dan peningkatan cakupan imunisasi di kalangan masyarakat pesantren.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Kemenkes , Pusat Kesehatan Pondok Pesantren

Berita Terkait