Soal Corona, Kominfo Temukan 54 Informasi Hoaks

| Senin, 03/02/2020 16:50 WIB
Soal Corona, Kominfo Temukan 54 Informasi Hoaks Ilustrasi Virus Corona (foto: padangkita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan hingga Senin, 3 Februari 2020, telah ditemukan sebanyak 54 informasi hoaks yang tersebar melalui media sosial dan platform pesan instan Novel Coronavirus (2019-nCoV).

“Hasil pantauan Tim AIS Kementerian Kominfo ada 54 informasi hoaks. isinya beragam, mulai dari soal sumber penyebaran, ada kabar pasien di rumah sakit beberapa daerah terkena Virus Corona, hingga soal pencegahan dan penyembuhannya,” jelas Menkoinfo Johnny G. Plate saat melakukan konferensi pers di Jakarta, Senin 3 Februari 2020.

Menurut Johnny G. Plate, selama dua minggu terakhir, sebaran konten hoaks dan disinformasi mengenai penyebaran Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) di Indonesia meningkat.

Kementerian Kominfo proaktif melakukan pemblokiran konten dan mendorong aparat penegak hukum melakukan penindakan atas pelaku penyebaran hoaks terkait Virus Corona.

Johnny menuturkan, hasil monitoring lalu lintas percakapan media sosial berkaitan dengan Virus Corona cenderung meningkat. “Tiga hari yang lalu kami pantau ada 36, hari ini sudah hampir dua kali lipat konten hoaks dan disinformasi yang disebarkan,” tuturnya.

 

Tags : Virus Corona , Kominfo , Informasi Hoaks

Berita Terkait