IP FTI Universitas YARSI Gelar Pelatihan Pengelolaan Informasi Perpustakaan SD

| Kamis, 20/02/2020 19:01 WIB
IP FTI Universitas YARSI Gelar Pelatihan Pengelolaan Informasi Perpustakaan SD Universitas YARSI menggelar Pelatihan Pengelolaan Informasi untuk Perpustakaan SD, Rabu (19/2). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pogram Studi (Prodi) Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Yarsi bekerjasama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) melalui Ketua Pengurus Daerah (PD) ATPUSI DKI Jakarta, Partinah, menyelenggarakan pelatihan pengelolaan informasi untuk perpustakaan sekolah dan pengembangan program literasi di tingkat sekolah dasar (SD).

"Prodi IP FTI Universitas YARSI memandang perlu adanya upaya peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan melalui program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan yang menunjang kompetensi tenaga perpustakaan sekolah," kata Koordintaor bidang Pengabdian Masyarakat, Indah Kurnianingsih, Rabu, 19 Februari 2020.

Indah mengaku bersyukur pentingnya perpustakaan sekolah sudah disadari banyak pihak. Perpustakaan sekolah (perpus) merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah, terutama dalam Kurikulum 2013, dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar.

Di perpustakaan sekolah, kata Indah, siswa dapat mempelajari tema-tema atau materi pelajaran serta hal-hal yang menarik minatnya secara mandiri melalui buku dan sumber informasi lainnya.

"Namun, pada pelaksanaannya belum semua sekolah memiliki perpustakaan yang baik. Belum semua perpus memiliki koleksi dan sarana prasara yang sesuai standar dan belum semua perpus dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai persyaratan. Jadi pelatihan ini sangat lah penting," terangnya.

Menurut Indah, pelatihan pengelolaan informasi untuk perpus dan pengembangan program literasi di tingkat sekolah dasar berlangsung selama dua hari , bertempat di FTI Universitas YARSI dengan diikuti 22 sekolah.

Hari pertama, pemberian materi terdiri dari standar nasional perpustakaan SD disampaikan oleh Bapak M Ihsanudin selaku Ketua Umum ATPUSI, dilanjutkan pemberian materi klasifikasi dan katalogisasi yang berbasis teknologi informasi disampaikan oleh Rosini dan Danang Dwijo Kangko.

"Materi di hari pertama ditujukan agar peserta memperoleh gambaran dalam pengolahan organisasi informasi di perpustakaan sekolah," tuturnya.

Selain itu, lanjut Indah, pada sesi tersebut dikenalkan pula aplikasi SLiMS (Senayan Library Information Management System) dan SchILS (School Integrated Library System) yang dapat menunjang pengelolaan informasi di perpustakaan yang berbasis teknologi informasi sehingga peserta mampu mempraktikkan bagaimana membuat katalog elektronik. Untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap kegiatan pelatihan, para narasumber didampingi para fasilitator pendamping yang juga merupakan mahasiswa Prodi IP FTI UY.

Hari kedua, lanjut dia, materi terdiri dari pengenalan kegiatan pengelolaan perpustakaan sekolah SD oleh M.I. Eko Wiyanti serta program keterampilan membaca di tingkat SD oleh Huzer Apriansyah.

"Kedua materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan program pengembangan literasi di tingkat sekolah. Adapun jumlah total peserta yang mengikuti kegiatan yakni 40 peserta yang berasal dari berbagai sekolah di Jabodetabek," tutur Indah.

Kegiatan ini sekaligus menjadi realisasi program kerja MoU antara Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI dengan ATPUSI. Dukungan dari berbagai pihak sangat membantu terlaksananya kegiatan berjalan dengan lancar. Diantaranya berasal dari Rektor Univeristas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Ummi Azizah Rachmawati, serta Kepala Program Studi IP FTI, Nita Ismayati.

Selain itu dukungan juga diberikan dari pihak luar yakni Lotte Scholaship Foundation yang telah memberikan hibah dana dalam pembiayaan kegiatan pelatihan tersebut. Seluruh peserta berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan agar para tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia semakin berkualitas dalam mengelola perpustakaan sekolahnya masing-masing.

Tags : Universitas YARSI , Pelatihan Pengelolaan Informasi , Perpustakaan SD

Berita Terkait