Dampak Covid-19, Idham Arsyad: Pemerintah Harus Perhatikan Nasib Petani dan Nelayan

| Kamis, 26/03/2020 18:51 WIB
Dampak Covid-19, Idham Arsyad: Pemerintah Harus Perhatikan Nasib Petani dan Nelayan Ketua Umum DPN Gerbang Tani, Idham Arsyad (dok Twitter @IdhamArsyad_GT)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - DPN Gerbang Tani merespon dampak wabah virus corona atau covid-19 terhadap perlindungan petani, nelayan dan juga pangan. Menurut Ketua Umum Gerbang Tani, Idham Arsyad penting selalu menjaga produktivitas petani dan nelayan.

“Penting selalu Menjaga produktifitas petani dan nelayan. Sebab mereka adalah kelompok paling rentan yang terpapar Covid-19. Mereka merupakan pekerja harian, yang menyandarkan hidupnya dan mendapatkan gajih dari pekerjaan harian yang mereka lakukan,” kata Idham Arsyad kepada radarbangsa.com, Kamis 26 Maret 2020.

Idham menegaskan bahwa mereka harus mendapatkan perhatian utama dari pemerintah, melalui bantuan lansung tunai atau skema lainnya yang dapat meringankan beben hidup yang mereka alamai akibat terdampat virus corona.

Selian itu, Idham Arsyad juga meminta pemerintah untuk menekan para spekulan dan penimbun makanan. Apalagi bersamaan dengan bulan Ramadhan dan Lebqran Idul Fitri.

“Kepastian pasokan makanan sampai level palibg bawah akan menghindarkan “panic buying” di tengah tengah masyarakat,” ungkapnya.

Gerbang Tani juga, lanjutnya, berharap kepada Anggota DPR RI pada sidang paripurna yang akan datang untuk dapat meletakkan refokusing anggaran pemerintah dialokasikan untuk peningkatan anggaran pertanian.

“Hal ini untuk bisa meningkatkan produktifitas petani selalugus sabuk pengaman bagi kehidupan mereka,” tukasnya.

Tags : Gerbang Tani