Kemendagri Luncurkan Layanan Kependudukan Online `GISA`

| Minggu, 29/03/2020 19:47 WIB
Kemendagri Luncurkan Layanan Kependudukan Online `GISA` Aplikasi GISA

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan layanan administrasi kependudukan Chatbot bernama Gisa. GISA diambil dari program Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

Gisa ini sebagai upaya pemerintah untuk terus memberikan pelayanan publik untuk masyarakat di tengah mewabahnya virus corona atau covid-19.

Menurut Mendagri Tito Karnavian, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan.

“Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil,” kata Mendagri, Tito Karnavian dilansir setkabgoid, Sabtu, 28 Maret 2020.

Secara teknis Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI, Gisa ada di aplikasi android AKUI.

“Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI,” ungkapnya.

Tags : Gisa , Kemendagri

Berita Terkait