PVMBG: Tidak Ada Peningkatan Ancaman Pada Gunung Anak Krakatau

| Sabtu, 11/04/2020 15:14 WIB
PVMBG: Tidak Ada Peningkatan Ancaman Pada Gunung Anak Krakatau Erupsi Gunung Anak Krakatau (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) baru saja merilis aktivitas terkini dari Gunung Anak Krakatau. Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental selama Januari hingga 10 April 2020, PVMBG mengatakan tidak ada peningkatan ancaman pada Gunung Anak Krakatau serta tingkat aktivitas vulkaniknya masih tetap pada Level II (Waspada).

Erupsi yang terjadi pada 10 April 2020 merupakan material batuan pijar sudah terbawa ke permukaan dengan intensitas yang belum  signifikan, jauh lebih kecil dibandingkan rangkaian erupsi pada periode Desember 2018 – Januari 2019.

Sementara itu beberapa kemungkinan potensi bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini adalah lontaran material lava, aliran lava dan hujan abu yang lebat di sekitar kawah dalam radius 2 km dari kawah aktif. Begitupula dengan hujan abu yang lebih tipis dapat terpapar di area yang lebih jauh bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Aktivitas vulkanik yang berupa erupsi saat ini hanya tersebar di sekitar kawah (masih dalam batas kawasan rawan bencana yang direkomendasikan). PVMBG mengatakan erupsi menerus berpotensi terjadi, namun tidak terdeteksi adanya gejala vulkanik yang menuju kepada intensitas erupsi lebih besar.

Untuk selanjutnya PVMBG merekomedasikan kepada Masyarakat/pengunjung/wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 2 Km dari kawah/puncak G. Anak Krakatau atau di sekitar kepulauan Anak Krakatau, sedangkan area wisata Pantai Carita, Anyer, Pandeglang dan sekitarnya, serta wilaya Lampung Selatan masih aman dari ancaman bahaya aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Tags : PVMBG , Gunung Anak Krakatau

Berita Terkait