Tekan Penyebaran COVID-19, Ramlan Holdan Desak Pemprov Sumsel Sediakan Alat Rapid Test

| Sabtu, 02/05/2020 23:10 WIB
Tekan Penyebaran COVID-19, Ramlan Holdan Desak Pemprov Sumsel Sediakan Alat Rapid Test Ramlan Holdan (Ketua DPW PKB Sumatera Selatan). (Foto: istimewa)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Kasus Positif Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) semakin hari terus bertambah. Untuk itu, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumsel Ramlan Holdan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus lebih serius dalam menekan angka yang terus bertambah.

"Konkritnya, Pemprov harus menyiapkan minimal 100.000 alat rapid test," kata Ramlan dalam keterangan persnya, Sabtu, 2 Mei 2020.

Menurutnya, Tes masif corona menggunakan metode rapid test corona adalah salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran Covid-19. Hal ini terbukti dari negara seperti Korea Selatan dan Islandia yang mampu mengendalikan penyebaran virus corona dan meminimalisir angka kematian.

Lebih lanjut, Ramlan menyebut bahwa tes masif corona juga perlu diimbangi dengan kapasitas fasilitas kesehatan yang memadai dan juga instruksi serta mekanisme yang jelas untuk masyarakat terkait infeksi Covid-19. "Disinilah tugas Pemprov sebagai pemangku anggaran yang bisa mengalokasikan dana untuk memfasilitasi penyelanggaraan melalui metode rapid test secara masif di wilayah Sumsel, terutama di kabupaten/kota yang sudah dinyatakan zona merah. Suksesnya penekanan penyebaran Covid-19 melalui metode ini, perlu keseriusan pempov," tegasnya.

Ramlan juga menyampaikan bahwa rapid test tersebut untuk menyasar sebanyak mungkin masyarakat yang berisiko tertular Covid-19, ODP dan PDP, mulai dari tenaga medis hingga orang yang tidak bisa bekerja dari rumah atau work from home.

Tags : PKB Sumsel , Alat Rapid Test , COVID-19

Berita Terkait