Disiplin Diam di Rumah, Cara Efektif Cegah Covid-19

| Rabu, 06/05/2020 17:43 WIB
Disiplin Diam di Rumah, Cara Efektif Cegah Covid-19 Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto (foto: humas BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengungkapkan, penularan Covid-19 hanya bisa dicegah dengan kedisiplinan untuk tetap berada di rumah. Sehingga risiko penularan pun bisa terhindarkan dan masalah Covid-19 di Indonesia bisa segera diatasi.

“Tetap tinggal di rumah, tidak bepergian dan tidak mudik. Ini adalah kebijakan yang paling baik,” kata Achmad Yurianto di Graha BNPB Jakarta, Rabu 6 April 2020.

Lebih lanjut kata Yuri sapaan akrabnya, sepanjang masyarakat berpegang teguh pada komitmen untuk memutus rantai penularan, maka kedisiplinan tinggal di rumah menjadi salah satu cara yang efektif.

Bahkan, ungkap Yuri, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di berbagai daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, merupakan cara efektif lain dalam mencegah penularan Covid-19 di ruang lingkup lebih luas.

“PSBB adalah “senjata” bagi kita semuanya untuk bisa menyelesaikan masalah penyakit ini (Covid-19),” ujarnya.

Kedisiplinan berdiam diri di rumah setidaknya akan menurunkan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19, menurunkan jumlah kematian, namun menambah jumlah pasien sembuh.

Tags : Virus Corona , Covid19 , PSBB

Berita Terkait