Sebut Gus Dur Mengundurkan Diri, Andi Muawiyah Ramly Bantah Rizal Ramli

| Jum'at, 05/06/2020 09:50 WIB
Sebut Gus Dur Mengundurkan Diri, Andi Muawiyah Ramly Bantah Rizal Ramli Legislator PKB, Andi Muawiyah Ramly (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Andi Muawiyah Ramly membantah cuitan Rizal Ramli yang menyebut KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mengundurkan diri sebagai Presiden. 

Sebagai salah satu orang yang dekat KH Abdurrahman Wahid, Amure (sapaan akrab Andy Muawiyah Ramly) tahu persis kejadian yang terjadi pasca reformasi. Termasuk bagaimana proses setelah mantan presiden Indonesia keempat tersebut lengser.

“Abang adalah Ketua Panitia Kepergian dan Pemulangan Gus Dur berobat ke Amerika, karena istana secara sepihak sudah mengurangi listrik dan AC-nya..,” kata Amure dikutip dari akun Instagram miliknya.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKB asal Sulawesi Selatan tersebut menyebutkan Gus Dur tidak pernah menyatakan mundur sebagai Presiden Indonesia. ”Kesaksian abang: Gus Dur TIDAK pernah mengundurkan diri, tapi ada konspirasi untuk melengserkan almarhum,” jelasnya.

Di mata Amure, Rizal seharusnya memahami fakta sejarah tersebut. Selain sebagai akademisi, Rizal pernah menjabat sebagai Menteri, termasuk Menteri Ekuin di era Gus Dur. 

"Mas Rizal Ramli lebih dari paham soal ini. Anda sudah pernah lalu lalang jadi Menteri dan berbakti untuk Negaramu, maka berilah kesempatan kepada Pak Jokowi menyelesaikan baktinya pula..Salam dari batur Gus Dur," tutup Amure. 

Sebelumnya, Rizal mengungkit soal cobaan yang dihadapi para pemimpin terdahulu mulai dari Soekarno hingga Gus Dur, dan mengomparasikannya dengan rezim yang tengah berkuasa saat ini yang tengah dihadapkan pada pandemi Covid-19 beserta dampaknya.

Tokoh yang beken disapa dengan RR ini juga menyebut sosok Presiden pertama RI Soekarno, BJ Habibie hingga Gus Dur dengan berbagai ujian kepemimpinan masing-masing.

"Presiden Soekarno, Habibie dan Gus Dur menghadapi dilema itu. Memaksakan terus berkuasa, korban rakyat banyak sekali. Semua pemimpin hebat itu, akhirnya memilih jalan negarawan dengan mengundurkan diri. Kira-kira kalau terjadi hari ini di tengah ketidak-mampuan luarbiasa, apa yang terjadi?" cuit Rizal, Rabu 27 Mei 2020.
Tags : PKB , Andi Muawiyah Ramly , Gus Dur