Mukomuko Diguncang Gempa Magnitudo 5,7 SR

| Rabu, 10/06/2020 16:23 WIB
Mukomuko Diguncang Gempa Magnitudo 5,7 SR peta gempa (foto: bnpb)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Masyarakat merasakan guncangan kuat saat gempa bermagnitudo 5,7 terjadi di wilayah Bengkulu, Rabu 10 Juni 2020. Masyarakat merasakan gempa tersebut selama 2 hingga 3 detik.

Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Mukomuko Arazak menyampaikan gempa membuat panik warga hingga keluar rumah. Kondisi terkini masih terus dipantau oleh BPBD setempat.

Menurut Arazak, sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa maupun kerusakan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait pascagempa. 

“BPBD Kabupaten Mukomuko telah mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada,” ujar Arazak dilansir bnpbgoid, Rabu 10 Juni 2020.

BMKG melaporkan gempa dengan magnitudo 5,7 terjadi pada pukul 11.35 WIB. Parameter gempa lain yakni lokasi pusat gempa berada di 28 km barat daya Mukomuko, Bengkulu. Gempa dengan kedalaman 24 km ini tidak berpotensi tsunami. 

 

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi, “Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” ujarnya.

Tags : Gempa Bumi , BMKG , BNPB

Berita Terkait