Cegah Kekeringan, Legislator PKB Dorong Pemprov Jabar Bentuk Satgas Pengamanan Air

| Jum'at, 03/07/2020 22:39 WIB
Cegah Kekeringan, Legislator PKB Dorong Pemprov Jabar Bentuk Satgas Pengamanan Air Sidkon Djampi (Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat). (Foto: twitter @sidkondjampi)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Para petani di wilayah Pantai Utara Jawa Barat (Jabar) kini dihadapkan dengan ancaman kekeringan. Sedikitnya, 1.300 hektar lahan padi di Kecamatan Kadunghaur, Kabupaten Indramayu sudah terancam gagal panen akibat kekurangan air.

Kondisi paling parah ditemukan di empat desa yakni di Karanganyar, Karangmulya, Wirakanan dan Wirapanjunan. Semuanya hanya dialiri air setiap 5 hari sekali dari Bendung Rentang, Kabupaten Majalengka. Air itu pun harus dibagi dengan empat kecamatan lain di Kabupaten Indramayu yakni Gabuswetan, Kandanghaur, Losarang, dan Terisi.

Menyikapi kejadian itu, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi mendorong agar pemerintah Provinsi Jabar menjembatani pemerintah terkait untuk mencarikan solusinya. Salah satunya dengan membentuk satgas pengamanan air.

Dijelaskannya, Satgas tersebut terdiri dari pemerintah daerah, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, BBWS, dan KTNA. "Fungsinya untuk mengawasi, membagi air dengan rata dan menindak pihaknya yang tidak taat akan aturan pembagian air," kata Sidkon dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 Juli 2020.

Selain itu, tambahnya, satgas bisa mengidentifikasi secara objektif penyebab kekeringan bahkan penyebab banjir akibat musim penghujan. "Yang tidak bisa ter-airi oleh aliran sungai, tapi bisa di jangkau dengan pompa air, maka negara bisa hadir untuk membantu pompa air untuk keberlangsungan para petani," tuturnya.

Kemudian, untuk jangka panjang, pihaknya akan mendorong pembangunan embung air atau tandon air untuk menampung kelebihan air di Musim hujan Selanjutnya digunakan sebagai sumber irigasi di musim kemarau.

"Solusi jangka panjang pemerintah akan kami dorong untuk mengaktifkan situ-situ dan membangun embung air," ucapnya.

Tags : Jawa Barat , PKB , Satgas Pengamanan Air

Berita Terkait