Tangis Petani Simalingkar Pecah saat Adukan Konflik Agraria ke Fraksi PKB

| Selasa, 14/07/2020 15:10 WIB
Tangis Petani Simalingkar Pecah saat Adukan Konflik Agraria ke Fraksi PKB Seorang petani Simalingkar menangis saat mengadukan masalah sengketa tanah ke Fraksi PKB (foto Twitter @FraksiPKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejumlah perwakilan petani yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) bertandang ke kantor Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020.

Mereka adalah korban konflik agraria antara PTPN II yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) dan merasa dirugikan dengan sikap semena-mena PTPN II.

Kedatangan perwakilan petani SPSB dan STMB ini diterima langsung oleh Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun A Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yaqut Cholil Qoumas, dan Anggota Fraksi PKB Yanuar Prihatin.

Suasana pertemuan nampak berjalan haru. Petani tak kuasa menahan tangis saat mengadukan nasibnya kepada Fraksi PKB DPR RI. Mereka meminta PKB untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Pimpinan Fraksi PKB DPR @CucunA44 temui langsung petani simalingkar yg adukan persoalan tanah yg dirampas,” tulis akun Twitter @FraksiPKB.

Fraksi PKB pun berjanji akan membantu menyelesaikan masalah yang membelit para petani tersebut. “pimpinan Fraksi PKB @DPR_RI @CucunA44 prihatin dan bakal perjuangan nasib petani simalingkar,” sambungnya.

Sementara itu, sebagian petani Simalingkar saat ini masih berada di Riau. Mereka diterima oleh DPW PKB Provinsi Riau sekaligus menyediakan tempat istirahat bagi ratusan petani korban konflik agraria itu.

Massa ini melakukan aksi jalan kaki dari Sumut menuju Istana Negara di Jakarta. Pada hari Sabtu malam, 11 Juli 2020, mereka sampai di kota Pekanbaru serta menginap di kantor DPW PKB Riau di Jalan OK M Jamil, Provinsi Riau.

"Malam minggu, sekitar jam 11 malam, ratusan massa petani dari Sumut memang sampai di kantor kita. Kita terima mereka atas dasar kemanusiaan. Hingga saat ini, sebagian dari mereka masih di kantor PKB Riau,” ujar Sekretaris DPW PKB Riau, Ade Agus Hartanto.

Dijelaskan Ade, PKB menerima ratusan massa ini karena memang massa sudah meminta fasilitas ke berbagai kelompok masyarakat yang ada di Pekanbaru.

Namun, kelompok yang dihubungi massa ini mengaku tak bisa membantu para petani tersebut untuk menyediakan tempat istirahat.

Tags : PKB , Petani , Simalingkar , Sengketa