Alaska Dilanda Gempa Berkekuatan 7,8 M, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

| Rabu, 22/07/2020 15:48 WIB
Alaska Dilanda Gempa Berkekuatan 7,8 M, Peringatan Tsunami Dikeluarkan Ilustrasi Gempa Bumi (Doc: Riau Post)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo telah melanda Semenanjung Alaska pada Selasa sekitar pukul 11.12 Malam.

Atas goncangan yang dahsyat itu, pemerintah setempat mengeluarkan peringatan tsunami. Peringatan tsunami ini dikeluarkan untuk wilayah Alaska Selatan, Semenanjung Alaska, dan Kepulauan Aleutian.

Dilansir dari Reuters, US Geological Survey mengatakan gempa berkekuatan 7,8 M itu memiliki kedalaman 6 mil (9,6 kilometer) dan berpusat di 60 mil (96 kilometer) selatan-tenggara Perryville, Alaska, Amerika Serikat (AS).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan peringatan ini untuk wilayah Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska dari Pintu Masuk Kennedy ke Unimak. Peringatan juga berlaku di sepanjang Kepulauan Aleutian, dari Unimak Pas ke Samalga Pass.

Di Pulau Kodiak, sekolah menengah telah mempersilahkan para pengungsi seperti halnya sekolah Katolik setempat.

"Kami memiliki sekolah menengah penuh orang, sejak sirene pertama berbunyi," kata Pengawas Distrik Sekolah Kodiak, Larry LeDoux, kepada Daily News.

"Semuanya setenang mungkin. Kita mungkin punya 300, 400 orang," katanya.

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami mengatakan jika kemungkinan tidak terdapat ancaman tsunami untuk pantai-pantai Pasifik di Kanada dan Amerika Utara.

 

Tags : alaska , gempa , tsunami

Berita Terkait