Turki Undang Pemimpin Dunia untuk Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia

| Kamis, 23/07/2020 16:03 WIB
Turki Undang Pemimpin Dunia untuk Sholat Jumat Perdana di Hagia Sophia Masjid Hagia Sophia di Turki (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan akan menggelar Shalat Jumat Perdana di Hagia Sophia Jumat, 24 Juli 2020.  

Bersamaan dengan agenda itu, Ia juga mengundang pemimpin dari berbagai dunia untuk menghadiri Shalat Jumat tersebut.

Dilansir dari Daily Hurriyat News, diperkirakan sekitar 1.000 hingga 1.500 orang akan menghadiri Shalat Jumat tersebut. Shalat Jumat ini akan dipimpin oleh kepala Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet), Ali Erbaş.

Pada sesi pembacaan doa nantinya akan tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti memakai masker wajah, disinfektan tangan bagi para peserta.

”Banyak pemimpin dari berbagai negara juga diundang ke Hagia Sophia. Presiden negara-negara seperti Azerbaijan dan Qatar diharapkan untuk menghadiri doa,” demikian dikutip dari laporan Daily Hurriyat News, Rabu 22 Juli 2020.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Turki resmi mengubah Museum Hagia Sophia menjadi masjid pada minggu lalu sesuai dengan keputusan Pengadilan Turki pada Jumat 10 Juli.

Erdogan nantinya akan menutup lukisan di dinding bangunan bekas museum itu pada agenda Shalat Jumat.

“Mosaik dan lukisan di Hagia Sophia akan ditutupi oleh tirai selama doa. Dengan demikian, "tidak akan ada paku untuk ditumbuk" ketika pemasangan tirai,” ujarnya.

Tags : Hagia Sophia , Erdogan , Shalat Jumat

Berita Terkait