Pastikan Pasokan Sapi di Riau, Kapal Ternak Kemenhub Angkut 550 Ekor

| Senin, 27/07/2020 15:46 WIB
Pastikan Pasokan Sapi di Riau, Kapal Ternak Kemenhub Angkut 550 Ekor Kapal ternak Kemenhub (foto: dephubgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kapal ternak KM Camara Nusantara 2 yang mengangkut 550 ekor sapi telah tiba di Pelabuhan Dumai, Riau pada Sabtu 25 Juli 2020 lalu, setelah menempuh perjalanan sejak Jumat 17 Juli 2020 dari Pelabuhan Tenau, Kupang.

“Saya bersyukur kapal ternak KM Camara Nusantara telah tiba di Riau untuk memastikan ketersedian pasokan ternak jenis sapi menjelang Hari Raya Idul Adha di Provinsi Riau,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Senin 27 Juli 2020.

Menhub mengatakan, KM. Camara Nusantara 2 yang dibuat Kemenhub tersebut mempunyai rute tetap yaitu Kupang - Tanjung Priok Jakarta. Namun, guna mengakomodir permohonan Pemerintah Daerah Dumai untuk memastikan ketersediaan pasokan ternak jenis sapi di Provinsi Riau jelang Idul Adha, kapal tersebut melakukan deviasi rute langsung dari Kupang menuju Dumai.

“Ini merupakan pemberangkatan perdana hewan ternak untuk rute Kupang, NTT menuju Dumai, Riau. Selama dalam pelayaran, hewan sapi mendapatkan perawatan yang layak agar kondisi sapi tetap prima dan terjaga dengan baik hingga nanti tiba sampai tujuan,” tambahnya.

Menhub mengungkapkan, Kemenhub memiliki 6 (enam) unit kapal ternak yang siap mengangkut hewan sapi untuk memenuhi ketahanan pangan suatu wilayah jika dibutuhkan diantaranya KM. Camara Nusantara 1 yang dioperasikan oleh PT. Pelni, KM. Camara Nusantara 2 yang dioperasikan oleh PT. Pelayaran Wirayuda Maritim, KM. Camara Nusantara 3 dan KM. Cemara 4 yang dioperasikan oleh PT. Subsea Lintas Globalindo, KM. Camara Nusantara 5 yang dioperasikan oleh PT. Luas Line dan KM. Camara Nusantara 6 yang dioperasikan oleh PT. ASDP.

Tags : Sapi , Idul Adha

Berita Terkait