Tembus 100 Ribu, Satgas Penanganan COVID-19 Minta Masyarakat Tetap Waspada

| Senin, 27/07/2020 21:17 WIB
Tembus 100 Ribu, Satgas Penanganan COVID-19 Minta Masyarakat Tetap Waspada Prof Wiku Adisasmito (Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19). (foto: humas BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kasus pasien positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia menembus angka 100 ribu lebih. Untuk itu, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa krisis di Indonesia belum berlalu dan meminta masyarakat untuk terus waspada.

"Pada hari ini, kasus mencapai 100.303. Hari ini adalah bangsa Indonesia mencapai angka secara psikologis cukup berarti yaitu 100 ribu. Dan ini mengingatkan semua pihak bahwa Indonesia masih dalam kondisi krisis. Untuk itu, kita perlu tetap waspada bahwa masalah ini masih ada di Indonesia dan seluruh belahan dunia," kata Wiku saat jumpa pers melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 27 Juli 2020.

Dipaparkannya, posisi Indonesia terkait jumlah kasus COVID-19 tidak termasuk negara dengan tingkat kasus tertinggi. "Apabila kita bandingkan kasus yang ada di dunia khususnya terkait dengan per 1 juta penduduk, sebenarnya posisi Indonesia dibanding dunia, kita di urutan 142 dari 215 negara di dunia. Sedangkan jika kita bandingkan posisi Indonesia dengan negara di Asia, kita ada di urutan 28 dari 49 negara di dunia," terangnya.

Namun, Wiku mengingatkan bahwa posisi tersebut belum aman, sehingga masyarakat diimbau tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Dia meminta agar masyarakat turut terlibat memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan tetap memakai masker, jaga jarak, serta rajin mencuci tangan pakai sabun.

Tags : Satgas Penanganan COVID-19 , Indonesia , COVID-19

Berita Terkait