Jazilul Fawaid Ingatkan Pentingnya Gotong Royong saat Pandemi

| Minggu, 09/08/2020 08:42 WIB
Jazilul Fawaid Ingatkan Pentingnya Gotong Royong saat Pandemi Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid (dok radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengingatkan budaya gotong royong mampu mendayagunakan kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dari budaya tersebut maka persatuan dan kesatuan terjalin dan terangkai.

“Gotong royong merupakan potensi budaya yang perlu terus dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan,” kata dia di Jakarta, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Menurut Jazil, Pandemi tersebut mengena dan menyasar siapa saja tidak mengenal apa suku, agama, bahasa, dan budayanya. Hal demikian membuat semua umat manusia terdampak.

Dampak yang ditimbulkan bisa terjadi penularan antar manusia yang menyebabkan kematian dalam waktu yang cepat. “Tercatat sudah banyak orang yang meninggal akibat Covid-19,” ungkapnya.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengingatkan ragam budaya Indonesia. Meski banyak perbedaan namun bangsa Indonesia bisa hidup dalam satu nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia.

“Tidak banyak negara yang memiliki perbedaan seperti Indonesia. Perbedaan menjadi pengikat bukan sebaliknya,” tambahnya.

Perbedaan yang ada menurut Jazil menyimpan potensi yang positif dan bisa dibanggakan. Perbedaan yang dibingkai apik dalam persatuan menjadi tameng utama bangsa Indonesia melawan pandemi Covid-19.

Dia berharap agar pandemi itu segera sirna sehingga keselamatan umat manusia bisa kembali normal. Wabah yang terjadi menurutnya juga membuat perekonomian mandeg atau berhenti. “Berhentinya tidak setengah-setengah namun total,” ucapnya.

Tags : PKB , Jazilul Fawaid , MPR , Covid19