Soal Warning CDC Amerika, Ini Kata Prof Wiku

| Rabu, 09/09/2020 20:14 WIB
Soal Warning CDC Amerika, Ini Kata Prof Wiku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia sementara ini, kecuali kepentingan mendesak. Peringatan level 3 itu dikeluarkan Central Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan  Penyakit di negara tersebut. 

Terkait hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan, tidak ada negara yang bebas dari covid-19 maka semua negara berusaha melindungi warganya.

"Bahwa di dunia ini Covid-19 masih pandemi. Jadi tidak ada negara yang bebas dari Covid-19. Semua negara pasti berusaha melindungi warga negaranya atau masyarakatnya, dan tidak terkecuali negara Indonesia," jelas Wiku dalam keterangan persnya, Rabu 9 September 2020.

Seluruh dunia katanya pasti akan melakukan hal yang sama, lanjutnya, tujuannya agar warga negara yang bepergian karena dikhawatirkan berpotensi membawa masuk virus Covid-19 masuk. 

Jadi, kata Wiku, selama pemerintah bisa menjaga atau membatasi mobilitas penduduk antar negara, begitu juga di Indonesia, maka hal itu dapat mengendalikan persebaran kasus Covid-19 dengan baik. 

"Jadi kami mohon pengertian pada seluruh warga negara Indonesia agar betul-betul dapat menjaga mobilitas di daerahnya masing-masing, mobilitas penduduknya dibatasi hanya melakukan perjalanan yang essensial saja, dan betul-betul melaksanakan protokol kesehatan yang seperti ditetapkan," lanjut Wiku. 

Supaya tidak ada kasus tambahan baru. Karena fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia maupun di negara lain semuanya terbatas, "Satu-satunya cara adalah kita melindungi diri kita sendiri dan masyarakat sekitarnya, karena itu adalah cara kita melindungi negeri," tutupnya.   

 

Tags : Wiku , Covid19 , Satgas Penanganan Covid19

Berita Terkait