14 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Wonosobo

| Senin, 12/10/2020 15:40 WIB
14 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Wonosobo Rumah rusak akibat angin kencang di Wonosobo (foto: humas BNPB)

WONOSOBO, RADARBANGSA.COM - Fenomena angin kencang terjadi dan menerjang dua desa di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sehingga mengakibatkan 14 unit rumah yang dihuni 13 KK mengalami kerusakan. Fenomena angin kencang ini terjadi pada Minggu 11 Oktober 2020 kemarin. 

Menurut laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, lokasi terjadinya peristiwa angin kencang itu masing-masing di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Mojotengah dan Dusun Lengkong, Desa Lengkong, Kecamatan Garung.

"Adapun rincian rumah yang terdampak tersebut adalah 10 unit rumah dengan kondisi rusak ringan dan 4 unit lainnya rusak sedang. Selain itu satu kandang ternak juga mengalami kerusakan yang cukup berat akibat diterjang angin kencang pada pukul 11.00 WIB," kata Raditya Jati, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan persnya, Senin 12 Oktober 2020.

Menurut Raditya, TRC BPBD Kabupaten Wonosobo telah melakukan pendataan dan koordinasi dengan perangkat desa terdampak. BPBD Kabupaten Wonosobo juga telah menyalurkan bantuan berupa terpal untuk tenda dan atap sementara bagi warga yang terdampak.

Sementara itu, lanjut Raditya, berdasarkan data prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa provinsi di Indonesia sudah memasuki awal musim penghujan, yang mana hal itu juga masih dipengaruhi oleh adanya fenomena peralihan musim seperti angin kencang dan hujan lebat disertai petir/kilat. 

"Adapun musim hujan menjelang penghujung tahun 2020 ini memiliki curah hujan yang lebih tinggi dan melebihi di atas normal mencapai 20-40 persen, akibat adanya pengaruh fenomena La Nina," ungkapnya.

Tags : Angin Kencang , BNPB , Wonosobo

Berita Terkait