Pemkot Solo Uji Coba Belajar Tatap Muka Mulai 2 November

| Jum'at, 30/10/2020 07:42 WIB
Pemkot Solo Uji Coba Belajar Tatap Muka Mulai 2 November Ilustrasi belajar di kelas (foto Radarbangsa)

SOLO, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota Solo (Pemkot) Solo, Jawa Tengah bersiap melakukan uji coba belajar tatap muka di tengah pandemi dimulai pada Senin, 2 November 2020.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, ada tiga sekolah SMP yang ditunjuk menggelar belajar tatap muka. Ketiga sekolah tersebut adalah SMP Negeri 4, SMP Al-Azhar Syifa Budi dan MTsN 1 Solo.

Menurutnya, sesuai jadwal uji coba belajar tatap muka di Solo dimulai Senin pekan depan. Sebelum belajar tatap muka dimulai, Pemkot Solo akan melakulan tes swab terlebih dulu pada ratusan siswa dan puluhan guru secara serentak.

"Siswa dan guru kita tes swab dulu sebelum belajar tatap muka dimulai. Langkah itu dilakukan untuk memastikan mereka semua dalam kondisi sehat," ujar Rudy, Kamis, 29 Oktober 2020.

Rudy menjelaskan, untuk jumlah keseluruhan yang akan dilakukan uji swab, Rudy mengaku belum mengetahui pasti. Namun untuk SMP Negeri 4 , ada 140 siswa dan 65 guru.

"Jumlah siswa yang masuk tetap kami batasi hanya 50 persen. Mereka akan mengikuti KBM selama 14 hari," papar dia.

Selama 14 hari belajar tatap muka, kata dia, pihaknya akan mengecek perkembannya. Kalau ditemukan siswa atau guru positif COVID-19, belajar tatap muka dihentikan dan sekolah di Lockdown selama 14 hari.

“Jika tidak muncul klaster, berarti tidak diperlukan uji swab lagi. Belajar tatap muka dilanjutkan," kata dia.

Ia mengatakan, simulasi belajar tatap muka di tiga sekolah SMP tersebut sudah dilakukan beberapa kali. Simulasi lebih fokus pada penerapan protokol kesehatam meliputi mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak.

"Sarana dan prasarana prokes sudah disediakan terutama tempat mencuci tangan dan kotak disinfektan," tutup Rudy.

Tags : Covid19 , Solo , Belajat , Pendidikan