Siap Beroperasi, Kemenhub Lakukan Simulasi Pengoperasian Pelabuhan Patimban

| Senin, 30/11/2020 18:16 WIB
Siap Beroperasi, Kemenhub Lakukan Simulasi Pengoperasian Pelabuhan Patimban Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Jelang rencana soft launching pengoperasian Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat pada akhir tahun 2020, Kementerian Perhubungan melakukan simulasi pengoperasian Pelabuhan Patimban.

Simulasi “Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat di Car Terminal Pelabuhan Patimban” berlangsung di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin 30 November 2020 yang disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Kita ingin menunjukkan bahwa kita memiliki komitmen untuk membuat Patimban ini berhasil. Insyaallah kalau tidak ada halangan, dalam waktu dekat ini akan dilakukan soft launching khusus untuk pengoperasian car terminal. Untuk kelancaran soft launcing, sekarang kita lakukan simulasinya,” jelas Menhub Budi dalam keterangan persnya. 

Menhub berharap pihak-pihak terkait ini dapat bersinergi untuk menjamin terwujudnya keselamatan lalu lintas pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim, khususnya di wilayah perairan Pelabuhan Patimban.

"Acara ini dilaksanakan untuk merancang komunikasi karena suatu kerja besar tanpa komunikasi yang baik itu membuat kita suka kehilangan kendali. Oleh karenanya keselamatan yang menjadi suatu domain dari Kementerian Perhubungan menjadi suatu keharusan yang harus kita lakukan," ungkanya.

Menhub menuturkan, simulasi ini bertujuan untuk merancang komunikasi baik itu pergerakan kapal di sisi laut, maupun prosedur bongkar muat barang di sisi darat, untuk menunjang keselamatan lalu lintas kapal, kelancaran dan keamanan bongkar muat barang di wilayah perairan dan daratan Pelabuhan Patimban, agar dapat berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan saat beroperasi nanti.

 

Tags : Pelabuhan Petimban

Berita Terkait