ABRI Tekan Komnas HAM Jaga Independensi Usut Penembakan 6 Anggota FPI

| Minggu, 20/12/2020 09:34 WIB
ABRI Tekan Komnas HAM Jaga Independensi Usut Penembakan 6 Anggota FPI Ketua ABRI, Mukhlas (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Aliansi Barisan Rakyat Indonesia (ABRI) meminta Komnas HAM mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM dalam kasus penembakan 6 (Enam) anggota FPI pada Senin dinihari, 7 Desember 2020.

Ketua ABRI, Mukhlas menyatakan, integritas dan independensi Komnas HAM dalam menuntaskan kasus ini sangat penting sebagai lembaga yang menyelidiki dugaan pelanggaran HAM.

"Penembakan terhadap sipil yang dilakukan oleh aparat penegak hukum memang perlu diberi perhatian serius. Ini berbahaya bagi keberlangsungan kehidupan bermokrasi. Kita menunggu hasil dari Komnas HAM sebagai penyeimbang berdemokrasi,” ucap Mukhlas, Minggu, 20 Desember 2020.

Selain itu, Mantan Presiden Universitas Indraprasasta PGRI (Unindra) meminta Komnas HAM melakukan peninjauan kembali terhadap penggunaan senjata dalam penembakan yang dilakukan aparat sudah sesuai dengan SOP di pihak kepolisian atau tidak.

"Penggunaan senjata api untuk anggota Polri dalam mengatasi peristiwa tertentu harus diperjelas. Masyarakat musti mengetahui penggunaan senjata api oleh anggota polisi tidak boleh sembarangan,” tutup Mukhlas. 

Tags : Komnas HAM , ABRI , FPI

Berita Terkait