Mitigasi Bencana, Dwikorita: Local Wisdom Jadi Informasi yang Mudah Difahami Masyarakat

| Jum'at, 05/03/2021 20:44 WIB
Mitigasi Bencana, Dwikorita: Local Wisdom Jadi Informasi yang Mudah Difahami Masyarakat Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat menjadi pembicara di acara BNPB (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, kearifan lokal atau local wisdom menjadi salah satu bagian dari sistem informasi peringatan dini potensi bencana yang harus tetap dirawat dan ditingkatkan di tiap-tiap daerah.

“Perlu perkuatan tentang local wisdom,” jelas Dwikorita saat menjadi pembicara dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) BNPB secara virtual, Jumat 5 Maret 2021.

Menurut Dwikorita, upaya mitigasi bencana dan implementasi dari sistem peringatan dini tidak bisa hanya dengan mengandalkan infrastruktur dan sarana prasarana yang dibangun dengan teknologi modern. Perlu adanya pemahaman masyarakat, kearifan yang kemudian menjadi suatu budaya.

Dwikorita mencontohkan masyarakat Simeulue di Aceh yang sudah memiliki kearifan lokal mengenai ‘smong’ atau tsunami dalam bahasa daerah setempat.

Cerita dan informasi yang disampaikan secara turun-temurun melalui ’tutur’ oleh masyarakat Simeulue itu kemudian menjadi sistem peringatan dini yang baik bagi masyarakatnya, sehingga banyak yang selamat dari peristiwa Tsunami Aceh 2004 silam.

"Selain lebih mudah diterima dan dipahami masyarakat, sistem informasi peringatan dini menggunakan kearifan lokal tersebut juga diyakini dapat mendorong masyarakat menjadi mandiri," katanya.

Tags : Mitigasi Bencana , BNPB , BMKG

Berita Terkait