Gus AMI: PMII adalah Laboratorium Pemimpin-Pemimpin Bangsa

| Rabu, 17/03/2021 14:06 WIB
Gus AMI: PMII adalah Laboratorium Pemimpin-Pemimpin Bangsa Ketua Mabinas PB PMII, Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Kongres XX PMII di Balikpapan (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan, Pergerakan Mahasiswa Nasional (PMII) adalah laboratorium kepemimpinan pemuda Islam. Pernyataan ini diamini oleh Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Abdul Muhaimin Iskandar.

Menurut Gus AMI (demikian Muhaimin Iskandar karib disapa), PMII sebagai laboratorium pemimpin bangsa tidak hanya terfokus pada satu sektor, melainkan di seluruh sektor kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

"PMII adalah laboratorium pemimpin-pemimpin bangsa di semua segmen, politik, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan," kata Gus AMI saat menghadiri Kongres XX PMII di Balikpapan, Rabu, 27 Maret 2021.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, posisi PMII sangat strategis untuk membantu pemerintah dan masyarakat. Tak lain karena PMII sejak dulu aktif menciptakan dan melahirkan kader-kader bangsa yang tangguh.

"Mereka ini selalu siap membantu pemerintah dan masyarakat menjadi agen perubahan sosial, dan tentu membantu pembangunan," tutur Gus AMI.

Dinamika zaman saat ini tentu berdampak pula bagi setiap kader PMII. Gus AMI berujar, adanya pandemi Covid-19 yang mengguncang setiap sektor dan berdampak langsung kepada masyarakat menjadi tantangan bagi kader PMII untuk turut mencarikan solusi.

"Hari ini tantangannya sulit, terutama kaum muda mahasiswa harus ikut berperan langsung. Tidak hanya berperan dalam pemikiran, tetapi (PMII) juga menjadi agen solusi-solusi masyarakat, menjadi motor-motor (penggerak) apa yang diharapkan oleh pemerintah, apa yang diharapkan oleh masyarakat," ungkap Gus AMI.

Gus AMI yang juga Wakil Ketua DPR RI ini menambahkan, DPR selalu membuka diri untuk melibatkan kaum muda dan mahasiswa memberikan kontribusi masukan, dukungan, hingga kritik.

"Karena memang salah satu kekuatan kaum muda adalah kritiknya kepada pemerintah, legislatif dan juga eksekutif. Bangsa ini butuh kritik, semua dikritik untuk kemajuan," tutup Gus AMI.

Puncak acara kongres ini berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, 17-20 Maret 2021. Presiden Joko Widodo secara langsung membuka Kongres XX PMII ini dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

 

Tags : Gus AMI , Kongres PMII , PMII

Berita Terkait