Kemendag Resmikan Implementasi SRG dengan Teknologi CAS di Brebes

| Rabu, 17/03/2021 20:44 WIB
Kemendag Resmikan Implementasi SRG dengan Teknologi CAS di Brebes Wamendag Jerry Sambuaga saat meresmikan Teknologi CAS di SRG Brebes (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga meresmikan penggunaan teknologi Controlled Atmosphere Storage (CAS) dapat mengoptimalkan implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) di Brebes, Jawa Tengah, Selasa 16 Maret 2021.

"Melalui teknologi tersebut, komoditas yang disimpan memiliki daya tahan lebih lama dengan kualitas yang tidak berubah," kata Wamendag Jerry Sambuaga.

Kemendag, kata Jerry Sambuaga, mengapresiasi kepada semua pihak yang telah kerja keras dalam mengembangkan SRG khususnya komoditas bawang merah. 

“Kemendag menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas kerja keras dan komitmennya dalam pengembangan SRG, khususnya untuk komoditas bawang merah yang untuk pertama kalinya akan diimplementasikan di Gudang SRG CAS di Kabupaten Brebes,” ujar Wamendag.

Wamendag menyampaikan, gudang SRG CAS di Kabupaten Brebes sudah dibangun sejak 2018 oleh Kemendag. Pelaksanaan SRG bawang merah diharapkan dapat diduplikasi dan diperluas di tempat lain dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan pelaku usaha dalam rantai bisnis komoditas bawang merah, terutama petani produsen bawang merah.

“Diharapkan gudang SRG Brebes dapat beroperasi secara berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat pelaku usaha pertanian bawang merah di Kabupaten Brebes,” kata Wamendag.

Wamendag melanjutkan, SRG dapat dimanfaatkan untuk menjembatani produsen dan pasar dengan menyediakan informasi mengenai ketersediaan, sebaran, mutu, dan nilai komoditas. Sehingga dapat memberikan kepercayaan dan keamanan yang lebih besar dalam transaksi perdagangan serta mempermudah dalam memperoleh pembiayaan komoditas yang kompetitif.

Tags : SRG , Brebes , Bawang

Berita Terkait