Gus Abe, Ketua PB PMII 2021-2023

| Kamis, 25/03/2021 16:58 WIB
Gus Abe, Ketua PB PMII 2021-2023 Gus Abe, Ketua PB PMII Terpilih Tahun 2021-2023 (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Muhammad Abdullah Syukri atau Gus Abe terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) pada Kamis 25 Maret 2021 dini hari. Perolehan suara yang diperoleh Gus Abe sebanyak 130 suara pada putaran kedua.

Gus Abe berhasil mengalahkan lawan terkuatnya Muhammad Syarif Hidayatullah alias Calik yang memperoleh 112 suara. Muhammad Rafsanjani dan Faikar Romdlon sama-sama tak memiliki suara pada putaran kedua.

"Dengan mengucapkan Alhamdulillah, Abe terpilih sebagai Ketua Umum PB PMII masa khidmat 2021-2023," kata Ketua Tim Pemenangan Gus Abe, Iden Robet Ulum melalui pesan singkat.

Pemilihan ketua umum PB PMII berlangsung selama dua putaran pada Kongres XX. Berdasarkan tata tertib sidang, hanya kandidat yang memiliki memiliki 30 suara yang dapat melaju ke putaran dua.

Pemilihan dapat berlangsung satu putaran jika kandidat mampu memperoleh 50%+1 dari jumlah suara. Meskipun harus berlangsung dua putaran, Abe mampu meraup suara tertinggi pada putaran pertama dengan jumlah 64 suara.

Untuk diketahui, Kongres XX PB PMII berlangsung di enam zona, yakni Balikpapan, Samarinda, Batam, Bekasi, Lombok dan Kendari. Iden meyakini, PMII akan menjadi lebih baik sesuai dengan visi Abe, yakni PMII Keren, Maju, dan Mendunia.

"Kemenangan Abe bukan hanya kemenangan segelintir golongan, melainkan kemenangan seluruh kader demi mewujudkan PMII yang lebih maju dan mendunia,” kata Iden.

Dengan kemenangan tersebut, Abe resmi menggantikan ketua umun PB PMII sebelumnya, Agus Herlambang. Abe akan memimpin PB PMII masa khidmat 2021-2023.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya atas support teman-teman yang tak kenal lelah dalam membantu saya," kata Abe.

Inisiator Pengurus Cabang Internasional PMII (Jerman, Maroko, dan Taiwan) itu mengatakan akan meningkatkan hubungan PMII dengan berbagai elemen atau stake holder. PMII, sambung Abe, akan terus berkolaborasi dengan pemerintah lembaga lainnya yang mempunyai tujuan sama yaitu membangun bangsa Indonesia.

"Kami akan membangun PMII dengan cara berfikir global yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah dan NKRI," pungkas kader PMII asal Malang itu.

Tags : Gus Abe , PB PMII

Berita Terkait