LRT Jabodetabek Ditarget Beroperasi 2022, Presiden Jokowi: Pembangunan Sudah 84,7 Persen

| Rabu, 09/06/2021 17:37 WIB
LRT Jabodetabek Ditarget Beroperasi 2022, Presiden Jokowi: Pembangunan Sudah 84,7 Persen Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dan menjajal LRT Jabodetabek dari Stasiun Cibubur ke Stasiun TMII, Rabu (9/6). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek, Rabu, 9 Juni 2021. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan LRT saat ini mencapai 84,7 persen dan ditargetkan beroperasi tahun 2022 nanti.

“Pagi hari ini saya berkunjung untuk melihat progres perkembangan pembangunan LRT Jabodebek. Sudah selesai kurang lebih 84,7 persen progres pembangunannya dan kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai uji coba dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022. Tadi kita mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali,” ujar Jokowi usai peninjauan.

Dijelaskannya, pembangunan LRT tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan sistem transportasi massal yang terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi perjalanan dari satu daerah ke daerah lain. “Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi, MRT, LRT, kereta bandara, Bus Transjakarta, semuanya terintegrasi, sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain. Kita harapkan setelah ini selesai, kita akan masuk pada titik-titik yang lain,” terangnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan bahwa rangkaian LRT Jabodetabek diproduksi oleh BUMN PT INKA. Kemudian, konstruksinya dikerjakan oleh PT Adhi Karya dan untuk operasional nantinya akan dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Tadi saya sudah mencoba LRT yang ini 100 persen dikerjakan oleh PT INKA (Industri Kereta Api), yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI. Jadi semuanya dikerjakan di di Indonesia, termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi Karya,” tuturnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Tags : Jokowi , LRT Jabodetabek , KAI , Indonesia