Legislator PKB Minta Kemenkeu Kawal Sektor-sektor Terdampak Pandemi

| Selasa, 13/07/2021 19:40 WIB
Legislator PKB Minta Kemenkeu Kawal Sektor-sektor Terdampak Pandemi Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Ratna Juwita Sari meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengawal sektor-sektor terdampak pandemi, khususnya sektor transportasi, pariwisata dan  UMKM.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mendengar bahwa sampai saat ini banyak dari masyarakat terdampak tersebut yang mengalami kesulitan mengakses jaring-jaring pengaman pemerintah.

“Nah oleh karena ini kan ada dispute di situ, sehingga ada skema-skema lanjutan yang akan mempermudah penyerapan yang sudah dipersiapkan pemerintah dalam hal (menyelamatkan sektor-sektor terdampak) ini,” terang Ratna dalam keterangan tertulisnya, Selasa 13 Juli 2021.

Ratna belum melihat adanya sense of crisis yang dilakukan pemerintah. Ia menjelaskan, di samping pertumbuhan ekonomi di masyarakat masih rendah, adanya PPKM di awal semester kedua ini menurutnya membuat belanja masyarakat akan semakin turun kembali. 

“Untuk masyarakat kita yang sudah secara kesehatan itu merasa panik dengan adanya panic buying ataupun panic selling oleh alat-alat kesehatan di era pandemi Covid-19 ini, mereka harus ditambah lagi beban beban selama PPKM, mereka tidak dapat melaksanakan sektor ekonomi mereka secara normal,” jelasnya.

Rapat Virtual Banggar DPR RI yang mengundang Kemenkeu dan Bank Indonesia tersebut membahas mengenai Laporan Semester I dan Prognosis Semester II APBN Tahun Anggaran 2021. Dalam rapat tersebut disampaikan bahwa pendapatan negara mengalami pertumbuhan positif, yakni pada penerimaan pajak, cukai dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Selain itu, Kemenkeu juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini akan berkisar antara 3,7 persen hingga 4,5 persen apabila PPKM berlangsung lebih panjang. Proyeksi tersebut lebih rendah dari proyeksi BI sebelumnya pada kisaran 4,1 hingga 5,1 persen dengan titik tengah 4,6 persen.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait