PPKM Diperpanjang, Menkes Komitmen Tingkatkan Jumlah Testing COVID-19

| Selasa, 03/08/2021 20:20 WIB
PPKM Diperpanjang, Menkes Komitmen Tingkatkan Jumlah Testing COVID-19 Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - PPKM Level 4 kembali diperpanjang Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Kebijakan tersebut berlaku di beberapa Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus kematian akibat COVID-19.

Menanggapi kebijakan tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pihaknya akan berkomitmen meningkatkan jumlah testing COVID-19. Menurutnya, jumlah testing COVID-19 sangat penting untuk menentukan kebijakan protokol kesehatan serta level PPKM di kabupaten/kota.

"Kami di Kementerian Kesehatan akan berkonsentrasi meningkatkan jumlah testing untuk men-support protokol kesehatan dan perubahan level PPKM. Karena, jumlah testing-nya ini akan sangat menentukan," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin, 2 Agustus 2021.

Kemudian, terkait peningkatan jumlah testing tersebut, pihaknya akan mengutamakan sebagian besar peningkatannya berdasarkan dari pelacakan kontak erat. "Kami akan usahakan sebagian besar testing ini berdasarkan dari pelacakan kontak erat, yang sekarang sedang diaktifkan baik di Jawa dan Bali, maupun di luar Bali," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, vaksinasi COVID-19 akan terus dipercepat hingga empat kali lipat dibandingkan pada Januari hingga Juli. Hal ini, menurut Budi, berkaitan dengan kedatangan 80 persen dosis vaksin pada Agustus sampai Desember mendatang.

"Selain itu, vaksinasi COVID-19 juga merupakan salah satu upaya mengendalikan pandemi. Yang paling besar akan datang vaksinasi bulan Agustus dan September. Ini perkiraan kita yang sudah pasti sekitar 70 jutaan di Agustus dan September, sehingga beban vaksinasi kita nanti akan sangat tinggi," tandasnya.

Tags : Menkes , Testing , COVID-19 , Vaksinasi , Indonesia