Kemendes PDTT Dukung Penuh Penganugrahan Desa Wisata

| Rabu, 18/08/2021 18:28 WIB
Kemendes PDTT Dukung Penuh Penganugrahan Desa Wisata Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi memberikan paparan dalam rapat persiapan kurasi penetapan 50 besar peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, di The Westin Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diikuti 1.831 desa wisata di seluruh Indonesia. Dari 1.831 yang telah terdaftar, kemudian dikurasi menjadi 700 besar, lalu 300 besar, kemudian 100 besar dan saat ini sampai pada tahap kurasi 50 besar desa wisata.

Wamendes PDTT, Budi Arie Setiadi mendukung penuh penganugerahan desa wisata ini. Menurutnya, Kemendes PDTT juga mempunyai kepentingan untuk mewujudkan desa-desa wisata sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap desa.

“Jadi, terobosan dari Kemenparekraf dalam menggalakkan perhelatan anugerah desa wisata ini memang kita dukung penuh. Kita berharap (penganugerahan desa wisata) ini berlanjut di tahun-tahun berikutnya, apalagi jika Pandemi COVID-19 sudah berakhir,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, dengan adanya anugerah desa wisata ini pasti akan memunculkan semangat bagi pembangunan desa, khususnya potensi desa berbasis wisata. Ia meyakini, desa yang maju adalah desa yang mampu mengelola potensi desanya secara maksimal. Selain itu, antusiasme anak muda juga menjadi salah satu kunci sukses dalam pembangunan desa.

“Saya selalu menekankan berkali-kali, kuncinya mesti anak muda, anak muda dan anak muda. Mau desa wisatanya kaya apa pun, kalau tidak ada anak mudanya pasti tidak akan maksimal,” tegasnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan lomba dari Kemenparekraf yang ditujukan bagi seluruh desa wisata di Indonesia. Anugerah ini mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, di antaranya kontes CHSE, Desa Digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, penginapan atau homestay dan kamar kecil (toilet).

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait