Kado Hari Santri, Lulusan Pendidikan Diniyah Formal Bisa Lanjutkan ke Al-Azhar

| Kamis, 30/09/2021 18:52 WIB
Kado Hari Santri, Lulusan Pendidikan Diniyah Formal Bisa Lanjutkan ke Al-Azhar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADABANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Majelis Tinggi Al-Azhar yag telah memutuskan penyerataan atau muadalah Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dari Ma’had Buus Islamiyah Al-Azhar (sederajat SMA) dari Sidang Majelis Tinggi Al-Azhar Mesir.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang, akhirnya ijazah Pendidikan Diniyah Formal yang umumnya diselenggarakan Pesantren Salafiyah mendapat muadalah dari Al-Azhar,” terang Menag Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 September 2021.

Dengan penyetaraan tersebut, imbuh Menag Yaqut, santri PDF yang kebanyakan dari santri pesantren salafiyah bisa melanjutkan pendidikannya ke Al-Azhar, Kairo.

"Ini menjadi kabar baik sekaligus kado jelang Hari Santri 2021,” imbuhnya.

Selain Pendidikan Diniyah Formal, muadalah ijazah juga diberikan kepada Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta dan Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur menilai keputusan ini sebagai kesempatan emas bagi para santri pesantren yang memiliki satuan Pendidikan Diniyah Formal.

“Kami sangat senang atas keputusan penyeteraan ijazah dari Universitas Al-Azhar. Semoga para santri bisa menyiapkan diri lebih matang untuk melanjutkan studinya ke salah satu kampus tertua di dunia itu,” kata Waryono.

Tags : Pendidikan Diniyah Formal , Gus Yaqut

Berita Terkait