Gus Menteri: Puluhan Investor Siap Borong Produk Unggulan Desa di Bali

| Selasa, 26/10/2021 21:49 WIB
Gus Menteri: Puluhan Investor Siap Borong Produk Unggulan Desa di Bali Menteri Desa PDTT A Halim Iskandar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri mengungkapkan, sedikitnya 20 investor siap memborong sejumlah produk unggulan desa-desa di Pulau Bali.

"Para investor dari dalam dan luar negeri tersebut siap membeli, memfasilitasi jalur pemasaran baru, serta memfasilitasi pengembangan produk unggulan desa," kata Gus Menteri dalam acara Temu Bisnis di Stone Legian, Bali, Senin, 25 Oktober 2021

“Intinya, minat investor yang hadir hari ini adalah Trading, Trading Support, dan Development,” tambahnya.

Menurut Gus Menteri, masalah terbesar yang dihadapi usaha kecil dan menengah (UKM), BUM Desa dan BUM Desa Bersama adalah akses pasar yang berkelanjutan, pengemasan, serta manajemen pengembangan produk dan kelembagaan ekonomi desa.

Karena itu, bersama The National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED), Kementerian Desa, PDTT pertemukan investor dengan kelompok usaha dari Kabupaten Buleleng, Tabanan, dan Klungkung, Bali.

“Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik di Bali. Semoga praktik baik ini bisa dikembangkan dan ditiru di daerah lain,” harap Gus Halim.

Untuk diketahui, 20 investor yang hadir antara lain, 1 investor internasional, 17 investor nasional dan 2 investor lokal Bali, diantaranya Astra Internasional, Elevania, BNI, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, UKM Mendunia, TaniHub, Tokopedia, SEA Group, dan 12 investor lainnya.

"Model kerjasama ini akan terus kami gulirkan ke daerah-daerah lain, yang memiliki potensi produk unggulan desa. Kita akan songsong kebangkitan desa pasca pandemi,” tutupnya.

Tags : Kemendesa PDTT , Gus Menteri , Produk Desa