Nihayatul Wafiroh: Toleransi adalah Salah Satu Nilai Bhinneka Tunggal Ika

| Selasa, 23/11/2021 16:06 WIB
Nihayatul Wafiroh: Toleransi adalah Salah Satu Nilai Bhinneka Tunggal Ika Anggota MPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh memaparkan materi 4 pilar kebangsaan di Yayasan Adz-Dzikra, Situbondo (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Setiap Warga Negara Indonesia wajib menjaga kebhinekaan demi mengukuhkan persatuan dan kesatuan NKRI dari berbagai macam ancaman disintegrasi bangsa. Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dr. Hj. Nihayatul Wafiroh, MA menyatakan, salah satu nilai kebhinekaan adalah sikap toleran kepada sesama.

Demikian Ninik (sapaan karib Nihayatul Wafiroh) sampaikan saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Yayasan Pondok Pesantren Adz - Dzikra, Kabupaten Situdondo, Jawa Timur, Selasa, 23 November 2021.

"Salah satu nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah nilai toleransi, yang artinya sikap saling menghargai keragaman di antara suku bangsa, ras, bahasa, agama dan adat istiadat,” kata Ninik.

Legislator asal Banyuwangi ini menambahkan, keragaman dalam masyarakat Indonesia yang sangat majemuk merupakan sesuatu yang alami yang harus dipandang sebagai suatu identitas bangsa. Keragaman yang ada di Indonesia merupakan kekayaan yang perlu dijaga karena tidak banyak negara yang memilikinya.

"Dengan kita bersikap toleransi terhadap keragaman tersebut, maka akan timbul kesadaran terhadap nilai-nilai kerukunan, keadilan, dan gotong royong sebagai pemersatu bangsa agar menjadi negara yang kuat, damai , adil dan sejahtera," sambungnya.

Masih di suasana hari toleransi internasional, ia pun berpesan agar masyarakat menjaga toleransi terhadap lingkungan, masyarakat, dan negara. Selain itu, Ninik juga mengajak semua untuk mengajarkan bahwa perlunya pendidikan toleransi kepada anak mulai dini untuk mencegah kekerasan khususny kepada perempuan.

"Tidak pandang siapapun, kita harus saling menghormati dan menghargai sesama agar kita dapat hidup rukun, tentram dan aman." tutupnya.

Untuk diketahui, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan diikuti oleh para pengurus, walisantri dan masyarakat sekitar Yayasan Adz-Dzikra, Situbondo.

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , Sosialisasi