Kiai Maman: Pemerintah Terus Upayakan Keberangkatan Jemaah Umroh di Tengah Pandemi

| Jum'at, 26/11/2021 20:04 WIB
Kiai Maman: Pemerintah Terus Upayakan Keberangkatan Jemaah Umroh di Tengah Pandemi Anggota DPR RI Komisi VIII Maman Imanulhaq (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanul Haq menyampaikan, Indonesia saat ini masih mengupayakan jemaah Indonesia untuk dapat berangkat haji ataupun umrah.

Menurut Kiai Maman, pandemi tidak bisa diprediksi kapan berakhir, sehingga ia berharap Indonesia memiliki pengalaman memberangkatkan jemaah ke tanah suci.

“Siapapun kita dorong untuk berangkat. Kenapa? Karena kita ingin punya pengalaman umrah di masa pandemi. Kita tidak tahu pandemi ini berakhir kapan. Hari ini meskipun di kita (Indonesia) landai, namun di Eropa naik lagi,” ujar Maman di Jakarta, Jumat 26 November 2021.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Bangsa (PKB) tersebut menjelaskan Indonesia telah melakukan berbagai upaya agar dapat memberangkatkan jemaah haji maupun umrah, yakni dengan melakukan koordinasi dan sinkronisasi melalui Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan.

“Sinkronisasi antara Pemerintah Indonesia, Kementerian Agama Dengan Kementerian Kesehatan dulu, berapa orang yang sudah divaksin? Setelah itu kita tanya, Arab Saudi terima tidak vaksinnya. Dia terima vaksin Sinovac, tapi mereka vaksin ketiga, booster dengan vaksin yang dimiliki mereka, Johnson & Johnson, Pfizer, Moderna, Astrazeneca,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Kiai Maman, persiapan yang diperlukan untuk memberangkatkan jamaah haji Indonesia paling tidak membutuhkan 40 hari. Untuk itu, perlu ada persiapan seperti soal pesawat sebagai komponen termahal, katering, persiapan di daerah dan lain sebagainya.

“Nah (persiapan) ini penting. Makanya 2022 ini kita harus lebih amanah, profesional dan seluruh komponen bangsa ini, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama. Karena bagaimanapun haji dan umrah menjadi etalase negeri ini untuk melayani masyarakat. Tidak ada problem lain selain itu,” ungkapnya.

Tags : Umroh , Arab Saudi.

Berita Terkait