Dana Desa Bakal Percepat Merauke Jadi Lumbung Pangan

| Rabu, 15/12/2021 08:24 WIB
Dana Desa Bakal Percepat Merauke Jadi Lumbung Pangan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima kunker Bupati Merauke Romanus Mbaraka (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis dana desa bakal mempercepat Kabupaten Merauke, Papua, menjadi lumbung pangan Indonesia.

“Potensi Papua terutama Kabupaten Merauke menjadi lumpung pangan nasional sangat besar," kata Mendes PDTT Halim Iskandar saat menerima kunjungan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa 14 Desember 2021. 

Menurut Gus Menteri- sapaan akrabnya, Merauke memiliki 2,5 juta lahan potensial yang bisa dikembangkan untuk lahan pertanian, "Adanya dana desa bisa digunakan untuk melakukan intensifikasi pertanian yang bisa meningkatkan hasil panen," tambahnya.

Gus Menteri, dana desa bisa digunakan untuk kepentingan warga desa berdasarkan data kebutuhan yang ada. Termasuk upaya meningkatkan produk unggulan desa.

“Jika saat ini di Merauke memang dana desa dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas gabah, maka hal itu bisa saja dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan ,pemanfaatan dana desa sangat membantu percepatan pembangunan desa di wilayahnya. Hanya saja memang selama ini dana desa yang ada masih digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Dana Desa berjalan dengan baik, kendala kita ada di SDM, aparat kampung ini yang memang terbatas, terutama soal manajerial," terangnya.

Tags : Dana Desa , Lumbung Pangan

Berita Terkait