Komunitas Reggae Indonesia Ingin Konser di Senayan, Gus Muhaimin: Siap!

| Senin, 20/12/2021 15:28 WIB
Komunitas Reggae Indonesia Ingin Konser di Senayan, Gus Muhaimin: Siap! Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar foto bersama dengan Komunitas Reggae. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin bertemu dan berbincang dengan sejumlah musisi reggae Indonesia, antara lain Emil (Gangstarasta), Tege (Coconut Treez), Cozy Bastian (Cozy Republik), dan Jimmy Pitstop.

Pertemuan yang digelar di sela peresmian penangkaran burung Murai Batu di Tangerang pada Jumat, 17 Desember 2021 kemarin berjalan penuh kekeluargaan. Gus Muhaimin menaruh perhatian besar kepada mereka yang juga terdampak pandemi COVID-19.

“Komunitas reggae atau seniman kita akhir-akhir ini dari awal pandemi sampai sekarang mengalami masa sulit, tidak bisa pertunjukkan kemudian konser, tidak ada sarana penghasilan yang memadai,” kata Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, sejak lama dirinya sudah meminta pemerintah untuk memberikan perhatian dan fasilitas yang memadai demi eksistensi mereka di dunia seni. 

“Dari dulu sudah saya sampaikan pemerintah harus memberikan perhatian khusus, terutama memberi fasilitas konser yang lebih banyak lagi kalau bisa, kemudian bantuan yang bisa dinikmati oleh para seniman, terutama seniman panggung yang selama ini terhenti total,” terangnya.

Menurunnya rentetan kasus COVID-19 disebut Gus Muhaimin bisa menjadi angin segar bagi mereka untuk kembali manggung. Meski demikian, Gus Muhaimin mendorong pemerintah untuk mempercepat fasilitasi sarana sekaligus kesempatan bagi para musisi.

“Saya kira sudah saatnya ya, karena landai kemudian para seniman juga sanggup menggunakan prokes. Ayo kita buka lagi konser, kita buka lagi pertunjukkan,” ujar Gus Muhaimin. 

Salah satu musisi yang hadir, Cozy Bastian lantas memohon Gus Muhaimin untuk membantu mewujudkan keinginan mereka manggung, salah satunya di komplek Senayan. “Kami ini konser sudah di mana-mana Tum, tapi yang belum itu konser di Gedung Kura-kura,” kata Bastian.

Mendengar permohonan Bastian, Gus Muhaimin pun dengan tegas siap membantu memfasilitasi keinginan musisi reggae. “Siap. Kita siap, kita bikin konser di gedung DPR. Kita bikin konser reggae Indonesia di Senayan,” ungkap Gus Muhaimin.

Secara khusus Bastian juga meminta Gus Muhaimin untuk memperjuangkan perlindungan negara untuk hak cipta karya musisi. Dia menyatakan negara masih minim melindungi hak cipta mereka sehingga dengan mudah dipublikasikan tanpa izin.

“Saya kira negara kita masih lemah soal perlindungan hak cipta Tum. Bayangkan ada berapa tempat karaoke di Indonesia yang kerap memutar lagu kami tanpa izin. Sementara negara tidak hadir di situ. Mohon Tum ini juga diperjuangkan,” kata Bastian.

Dalam kesempatan itu Gus Muhaimin juga sempat diajak bersama-sama menyanyikan sejumlah lagu oleh para musisi tersebut, antara lain lagu berjudul Hitam Putih, Bidadari, hingga Welcome to My Paradise. Mereka juga memberikan cindera mata berupa kaos oblong hitam kepada Gus Muhaimin.

Tags : Gus Muhaimin , Komunitas Reggae , Musisi , Indonesia

Berita Terkait