Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Dukung Konektivitas Sumut-Aceh

| Jum'at, 04/02/2022 21:01 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Dukung Konektivitas Sumut-Aceh Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Binjai-Stabat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat (4/2). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat, 4 Februari 2022. Adapun ruas tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer yang nantinya akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh sekaligus menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra.

“Hari ini ruas Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di depan Gerbang Tol Stabat.

Disampaikannya, ruas jalan tol ini nantinya akan tersambung dengan akses antarprovinsi yang dapat menghubungkan sentra-sentra produksi serta daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru, terutama yang berada di sekitar jalan tol.

Untuk itu, Kepala Negara menekankan bahwa pembangunan infrastruktur tidak semata-mata hanya membangun fisik, tetapi diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Bukan hanya membangun fisik seperti ini. Rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, pekebun akan menikmati, yang berkaitan dengan pariwisata akan menikmati, kalau itu disambungkan semuanya. Jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produktif,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga meminta seluruh pihak agar dapat memanfaatkan infrastruktur ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

Tags : Jokowi , Jalan Tol , Sumatera Utara , Aceh , Infrastruktur