Perang Makin Berkobar, Ukraina Merasa Diabaikan oleh NATO

| Jum'at, 25/02/2022 15:50 WIB
Perang Makin Berkobar, Ukraina Merasa Diabaikan oleh NATO Potret sebagian Kota Kyiev yang terdampak akibat peperangan (Doc: Reuters)

RADARBANGSA.COM - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengaku di tengah kobaran perang di negaranya sama sekali tidak mendapatkan bala bantuan dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Dilaporkan pada Jumat, 25 Februari 2022 bahwa Invansi Rusia telah smapai di Ibukota Rusia, Kyiev, tentu ini berbanding terbalik dengan rencana putin yang mengatakan hanya akan berada di Wilayah Donbas.

Rusia sepanjang dua hari ini telah menyerang melalui udara, mengirimkan rudal ke bangunan dan tempat, yang diantaranya menewaskan 130 warga Ukraina.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba memaparkan hujanan rudal Rusia mengguncang Ibu Kota Kiev sejak Jumat pagi buta. Kuleba menggambarkan ibu kota Kiev tak pernah mengalami serangan `seperti ini` sejak zaman Nazi di 1941.

Sedikitnya, jalanan di Rusia pada Kamis, dipenuhi dengan kemacetan mobil, sekitar 100 ribu orang mengungsi di tempat – tempat aman seperti dibawah terowongan.

Doc: AP Photo/Emilio Morenatti

Doc: AP Photo/Emilio Morenatti

 

Ditengah penantian langkah AS dan NATO ke Ukraina, pasukan Rusia disebut telah menguasai pembangkit listrik nuklir Chernobyl, meningkatkan kekhawatiran dunia akan terjadinya perang nuklir.

Zelensky menilai serangan ke Chernobyl ini merupakan deklarasi perang kepada seluruh wilayah Eropa.

Tags : NATO , RUSIA , UKRAINA

Berita Terkait