Wapres Maruf Amin Ingatkan Masyarakat Tak Konsumtif Saat Ramadan

| Selasa, 29/03/2022 17:31 WIB
Wapres Maruf Amin Ingatkan Masyarakat Tak Konsumtif Saat Ramadan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengingatkan masyarakat agar tidak konsumtif saat bulan ramadan. Menurutnya, kebiasaan di bulan ramadan sebelumnya mengkonsumsi makanan berlebihan setelah puasa agar tidak terjadi lagi.

"Saya berharap supaya umat Islam jangan konsumtif lah di bulan ramadan. Biasanya kan orang puasa, malamnya itu seperti `balas dendam`. Semua dibeli, semua dimakan. Itu namanya bukan puasa," kata Kiai Maruf dilansir dari antaranews, Selasa, 29 Maret 2022.

Untuk itu, Kiai Maruf mengimbau agar umat muslim berprihatin di bulan ramadan dengan membeli makanan atau kebutuhan secukupnya dan menggunakan rezeki yang berlebih untuk dibagikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

"Seperti perintah nabi, siapa punya kelebihan, bagikan kepada sesama yang membutuhkan," tuturnya.

Wapres mengingatkan pada masa pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang kesulitan. Sehingga momentum Ramadhan ini sangat tepat untuk mengeluarkan zakat, infak maupun wakaf.

"Selain zakat, itu infak namanya. Kewajiban umat Muslim bukan hanya zakat, tapi ada infak, selain itu juga wakaf. Wakaf itu sedekah yang terus mengalir pahalanya karena barangnya tidak akan habis," ucapnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Puasa , Ramadan , Zakat