Tiga Isu Penting Pembahasan dalam Pertemuan SFWG Presidensi G20

| Senin, 04/04/2022 19:56 WIB
Tiga Isu Penting Pembahasan dalam Pertemuan SFWG Presidensi G20 Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Negara anggota G20 membahas tiga isu penting dalam pertemuan Sustainable Finance Working Group (SFWG) kedua yang pada 30-31 Maret 2022 oleh Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia pada 30-31 Maret 2022 lalu.

Pembahasan dalam pertemuan SFWG kedua merupakan kelanjutan dari Pertemuan Pertama SFWG yang dilaksanakan pada Bulan Januari dan Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Dian Lestari mengatakan, tiga isu penting yang dibahas dalam SFWG.

Pertama, kata Dian, mengembangkan kerangka kerja untuk keuangan transisi dan meningkatkan kredibilitas komitmen lembaga keuangan, termasuk diskusi tentang kerangka transisi, studi kasus, dan komitmen lembaga keuangan yang berfokus pada praktik pasar.

“Kedua, meningkatkan instrumen keuangan berkelanjutan untuk memperkuat aksesibilitas dan keterjangkauan, termasuk diskusi tentang akses ke pasar keuangan berkelanjutan global, mekanisme pengurangan risiko untuk instrumen keuangan berkelanjutan, mengatasi kesenjangan pengetahuan terkait instrumen keuangan berkelanjutan,” kata Dian dalam rilisnya, Senin 4 April 2022.

Ketiga, lanjut Dian, mengenai kemajuan G20 Sustainable Finance Roadmap. Pengembangan kerangka keuangan transisi dimaksudkan untuk membantu memungkinkan pasar keuangan mendukung transisi menuju keberlanjutan.

“SFWG di bawah G20 memainkan peran penting dalam mempromosikan dan memajukan kerangka kerja dan Peta Jalan G20 untuk keuangan inovatif dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Perjanjian Paris,” tukasnya.

 

Tags : Presidensi G20 , Kementerian Keuangan

Berita Terkait