Akrab dengan Teknologi, Ninik: Kaum Muda Perlu Dibentengi Nilai Pancasila

| Sabtu, 19/03/2022 17:19 WIB
Akrab dengan Teknologi, Ninik: Kaum Muda Perlu Dibentengi Nilai Pancasila Nihayatul Wafiroh menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Pujer, Bondowoso (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nihayatul Wafiroh menegaskan peran penting Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pondasi fundamental bernegara yang wajib dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita semua sama, sama-sama rakyat Indonesia yang punya tanggungjawab juga sama menjaga dan mengamalkan Pancasila. Ini penting kita teguhkan dalam diri kita masing-masing,” katanya saat sosialisasi 4 pilar bersama ratusan warga di Yayasan an-Nur Mengok, Pujer, Bondowoso, Sabtu, 19 Maret 2022.

Perempuan yang karib disapa Ninik itu berujar, tanpa empat pilar kebangsaan itu, rasanya sulit bagi Indonesia untuk meraih apapun yang dicita-citakan. Indonesia maju yang diidam-idamkan pun bakal sulit terwujud jika empat pilar kebangsaan itu enggan diamalkan.

Legislator asal Banyuwangi, Jawa Timur ini menambahkan, empat pilar kebangsaan sangat penting untuk memupuk dan membangun masyarakat yang memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, serta untuk memperkuat benteng pertahanan negara.

“Kita sudah merdeka cukup lama, bahkan sudah masuk era reformasi dengan segudang cita-cita. Memang pekerjaan rumah kita masih banyak, tapi saya yakin kalau bapak ibu, kita semua mau mengamalkan empat pilar saya yakin semua beres,” ujarnya.

Di sisi lain, Ninik juga mengingatkan era globalisasi dan teknologi saat ini membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku masyarakat, terutama kaum muda.

Oleh karena itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan wajib diberikan supaya mereka punya tameng dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Bayangkan saja, anak-anak kita sekarang sudah akrab dengan yang namanya game online, instagram, facebook, tik-tok, youtube, apa lagi. Kalau mereka los dol, lepas begitu saja, teknologi malah bisa jadi bahaya untuk mereka. Makanya, pemahaman tentang nilai empat pilar kebangsaan ini perlu juga diberikan kepada mereka agar ada tameng,” tukas Ninik.

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , Sosialisasi , Pancasila