Survei Capres SMRC, Gus Muhaimin Ungguli Puan dan Airlangga

| Kamis, 07/04/2022 15:51 WIB
Survei Capres SMRC, Gus Muhaimin Ungguli Puan dan Airlangga Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar masuk dalam daftar calon presiden (capres) potensial dari kalangan partai politik (parpol) berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Gus Muhaimin mengungguli sejumlah elite parpol lainnya diantaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPP PDIP yang juga ketua DPR RI Puan Maharani termasuk Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Dalam simulasi 10 nama capres dari pimpinan atau elite parpol, Gus Muhaimin berada di urutan ketiga dengan perolehan 6,1%, setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (42,2%) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 12,5%. Di urutan empat ada nama Surya Paloh (4,6%), Puan Maharani (3,9%), Airlangga Hartarto (3,2%), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (1,0%), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (1,0), Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri (0,9), dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (0,0), sementara yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 24,5%.

”Jika pilpres hanya diikuti oleh pemimpin-pemimpin partai, Prabowo memiliki peluang paling besar untuk terpilih sebagai Presiden,” bunyi temuan survei SMRC yang dirilis, Kamis (7/4/2022).

Survei ini dilakukan dengan cara multistage random sampling dengan melibatkan sebanyak 1.220 responden secara nasional dengan margin of error sekitar 3,12% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan pada 13-20 Maret 2022.

Menanggapi hasil survei tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa PKB telah memutuskan untuk mengusung Gus Muhaimin sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang. Saat ini, PKB memiliki modal 9,69% atau setara 13,5 juta suara nasional sehingga dibutuhkan sekitar 10% lagi dukungan parpol lain untuk bisa maju sebagai capres.

”Saat ini kita terus melakukan ikhtiyar untuk bisa mengusung Gus Muhaimin sebagai capres. Dukungan dari berbagai kalangan terus mengalir. Hasil survei SMRC ini bisa menjadi modal bagi Gus Muhaimin untuk maju sebagai capres, selain juga dukungan dari berbagai kalangan yang terus mengalir,” tuturnya.

Gus Jazil mengatakan, masih ada waktu sekitar dua tahun lagi untuk terus mendongkrak elektabilitas Gus Muhaimin agar bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat dan juga parpol lain untuk bisa bersama-sama mengusung cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri tersebut maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Menurut Gus Jazil, PKB memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk bisa mengusung Gus Muhaimin sebagai capres. ”Kalau nama-nama tokoh yang tidak memiliki tiket ke pilpres saja percaya diri, kenapa PKB tidak? Kita punya tiket 10 persen, tinggal menambah 10 persen lagi. Gus Muhaimin adalah tokoh yang punya track record cukup bagus sebagai pemimpin bangsa, dan NU punya sejarah memimpin bangsa ini. Saatnya Gus Muhaimin melanjutkan perjuangan Gus Dur yang dulu tidak sampai tuntas memimpin negeri ini,” katanya.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , CAPRES 2024