Bahas Pengamanan Mudik Lebaran, Pemerintah Lakukan Koordinasi Lintas Sektoral

| Kamis, 14/04/2022 21:47 WIB
Bahas Pengamanan Mudik Lebaran, Pemerintah Lakukan Koordinasi Lintas Sektoral Pintu masuk tol Palimanan macet panjang saat mudik lebaran beberapa tahun lalu.

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melakukan rapat koordinasi lintas sectoral membahas pengamanan idul fitri tahun tahun ini di Mabes Polri, Kamis 14 April 2022.

Rapat ini dihadiri dan dipimpin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Mendagri Tito Karnavian dan Mendag Muhammad Lutfi.

Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jalan dari Bekasi menuju Semarang dan penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi dua titik utama yang akan diantisipasi secara khusus, karena diprediksi akan terjadi kepadatan pada saat arus mudik lebaran tahun 2022.

“Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dengan Korlantas Polri, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), terkait dengan penyiapan skenario pengaturan rekayasa lalu lintas,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya.

Menurutnya, sektor darat menjadi titik krusial dari penanganan kelancaran arus mudik dan balik lebaran, karena berdasarkan survey yang dilakukan Balitbanghub sekitar 47 persen dari 85,5 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik akan menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun angkutan darat (bus, angkutan penyebrangan, dan lain-lain).

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan, telah memberikan diskresi kepada Korlantas Polri untuk menetapkan skenario rekayasa lalu lintas, seperti: system satu arah (one way), contra flow, ganjil genap, dan sebagainya, sesuai dengan kondisi kepadatan di lapangan.

“Pengawasan dan pengendalian dilakukan dengan humanis dan persuasif, karena sesuai arahan Presiden kita tidak akan melakukan penyekatan dan putar balik,” imbuhnya.

Tags : Mudik Lebaran , Arus Mudik , Kemenhub