Menpan RB Setuju Usulan WFH Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran

| Sabtu, 07/05/2022 12:47 WIB
Menpan RB Setuju Usulan WFH Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Arus balik usai lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah sudah berjalan sejak beberapa hari lalu. Pemerintah sendiri telah menetapkan cuti bersama hingga 6 Mei 2022.

Namun, pemerintah juga terus berupaya agar arus balik tidak menimbulkan kemacetan parah sehingga masyarakat bisa melaksanakan arus balik dengan aman dan lancar. Untuk itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) , Tjahjo Kumolo menyarankan agar instansi pemerintah mengatur jadwal work from home (WFH) bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) selama sepekan mulai Senin (9/5).

"Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 7 Mei 2022.

Penerapan WFH tersebut, lanjutnya, tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain, karena kini telah ada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Selain itu, tambah Tjahjo, penerapan WFH selama sepekan setelah cuti Lebaran 2022 juga dapat diterapkan sebagai upaya isolasi mandiri (isoman) bagi para ASN setelah dari kampung halaman bertemu dengan keluarga.

"WFH juga jadi kesempatan untuk isoman agar mencegah adanya pertambahan kasus COVID-19," tukasnya. 

Sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo mengusulkan instansi pemerintah dan swasta menerapkan kebijakan WFH selama sepekan setelah momen cuti Lebaran 2022 berakhir.

"Kami juga mengimbau untuk mengurai arus balik, khususnya bagi instansi-instansi baik itu swasta atau pemerintah yang memungkinkan untuk satu pekan ini, bisa melaksanakan aktivitas dengan menggunakan media yang ada, seperti online maupun work from home," ujarnya dikutip dari antaranews. 

Tags : Menpan RB , WFH , Arus Balik , Lebaran