Indonesia Ingin APEC Kembalikan Kepercayaan Lewat Perundingan Multilateral

| Selasa, 17/05/2022 22:56 WIB
Indonesia Ingin APEC Kembalikan Kepercayaan Lewat Perundingan Multilateral Asia Pacific Economic Cooperation-APEC (imager: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Indonesia siap melanjutkan langkah kolektif Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk mengembalikan kepercayaan dunia pada sistem perundingan multilateral.

“Fokus partisipasi Kementerian Perdagangan untuk pertemuan ini mencakup upaya percepatan dan pemerataan pemulihan pasca pandemi yang harus dilakukan dengan pendekatan berimbang dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan,” ujar Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Reza Pahlevi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 17 Mei 2022.

Menurut Reza, sistem perdagangan global dituntut memberikan solusi konkrit untuk mengatasi permasalahan ekonomi dunia akibat disrupsi pandemi Covid-19 dan tantangan lainnya.

“Pemerataan upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi dan langkah kolektif multilateral merupakan prioritas Indonesia,” tandas Reza.

Reza juga mengungkapkan, anggota APEC juga mendiskusikan upaya implementasi visi APEC untuk mewujudkan kawasan yang terbuka, dinamis, berdaya tahan, aman, dan sejahtera.

“Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui pembahasan kembali realisasi Kawasan Perdagangan Bebas Asia Pasifik atau Free Trade Area of the Asia Pacific (FTAAP) dengan perspektif pasca pandemi Covid-19,” tandasnya.

Tags : APEC , Indonesia

Berita Terkait