Investasi Bidang PBK, Wamendag: Bappebti Punya Peran Edukasi Masyarakat

| Jum'at, 27/05/2022 18:58 WIB
Investasi Bidang PBK, Wamendag: Bappebti Punya Peran Edukasi Masyarakat Wamendag Jerry Sambuaga (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Wakil  Menteri  Perdagangan  Jerry  Sambuaga mengatakan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memiliki peran yang signifikan untuk terus mengedukasi dan  meningkatkan literasi masyarakat.

Jerry Sambuaga  menekankan pentingnya konsep 7P sebelum  masyarakat berinvestasi di bidang  Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), “Pelajari latar  belakang perusahaan, Pelajari  tata cara transaksi dan penyelesaian    perselisihan, dan pelajari  kontrak berjangka yang diperdagangkan,” kata Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat 27 Mei 2022.

“Pelajari wakil pialang PBK  yang berizin dari  Bappebti, pelajari dokumen perjanjian, pelajari risiko, dan pantang percaya pada janji-janji keuntungan yang tinggi,” tambahnya.

Wamendag  menambahkan, Bappebti  akan  terus  mengggencarkan  edukasi tentang tata  cara berinvestasi  yang  benar  dan aman, mekanisme  transaksi,peraturan-peraturan terkait, hingga risiko berinvestasi dan tata cara penyelesaian masalah.

Terlebih, kata Jerry Sambuaga, saat ini banyakberedar situs web maupun aplikasi    yang menawarkan investasi kepada masyarakat namun tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Perdagangan  fisik  aset  kripto merupakan  salah  satu  komoditi  yang sangat  diminati masyarakat  akhir-akhir  ini. Bappebti  mencatat, data  transaksi  PBK  pada  triwulanI-2022 menunjukkan  jumlah4.747.922  lotatau naik 46,47  persen  dibanding  periode  yang  sama pada2021 yang sebesar 3.241.650 lot. Perkembangan  transaksi  aset  kripto juga sangat pesat,” ungkapnya.

Tags : Kripto , Kemendag

Berita Terkait